Bagaimana Proses Pembuatan Minyak Zaitun?


Pertama, minyak zaitun dapat diperoleh secara tradisional. Yaitu dengan cara menggiling buah zaitun yang tumbuh di atas tanah subur yang dinaungi oleh panas terik matahari di timur tengah.

Umumnya, buah ziatun yang terbaik dipanen pada saat matang, yaitu bulan November sampai dengan bulan Februari. Dengan teknik ini, buah zaitun yang dibutuhkan adalah 5 kg untuk dapat menghasilkan minyak 1 liter.

Buah zaitun kemudian digiling dan menghasilkan pulp atau bubur zaitun yang masih murni. Nah dari pulp inilah kemudian diperas hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang termasuk minyak zaitun murni atau virgin.

Itu untuk minyak zaitun yang jenis virgin. Lalu bagaimana dengan yang reguler?

Untuk minyak zaitun jenis reguler, pemrosesannya tidak seperti mengolah minyak zaitun murni, melainkan sudah melewati proses pemanasan, penambahan zat kimia, dan proses-proses lainnya, termasuk menambahkan beberapa nutrisi lain yang sebelumnya belum ada di dalam buah zaitun.

Supaya lebih jelas lagi, mari kita bahas perbedaan minyak zaitun reguler, virgin, dan extra virgin ini secara satu-persatu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Teks Anekot Sindiran, Lucu!

Contoh Rumusan Masalah beserta Jenis-jenisnya